Kamis, 18 April 2013

JERAWAT



Pada masa bayi hingga anak-anak, kelenjar minyak pada tubuh seseorang belum aktif. Akan aktif seiring dengan pertambahan usia. Pada saat inilah dimulai proses timbulnya jerawat. Jerawat biasanya mulai timbul ketika masa akil balik, ketika seseorang memasuki masa remaja dan mulai ada perubahan seks sekunder (tumbuh rambut di ketiak dan sekitar kemaluan, serta terjadi perubahan suara).
Berjerawat pada usia pubertas merupakan suatu hal yang normal. Apabila jerawat diobati dan dirawat dengan perawatan yang benar maka jerawat akan sembuh dan tidak berbekas. Sekalipun biasanya jerawat timbul pada kaum remaja, namun timbulnya jerawat tidak hanya akibat gangguan hormonal semata. Maka dari itu jerawat masih bisa timbul pada wanita atau pria diatas 30 tahun.
Keadaan ini terjadi akibat proses pergantian sel tidak berjalan baik. Sel-sel kulit tua yang seharusnya sudah berganti karena ada gangguan menyebabkan sel-sel kulit tua tersebut tidak dapat lepas dan menyebabkan sumbatan yang kemudian menjadi komedo.
Terdapat 3 macam tipe kulit yaitu berminyak, kering, dan kombinasi antara kering-berminyak. Pori-pori kulit berminyak berukuran lebih besar dari dua tipe lainnya. Produksi minyak pada kulit berminyak cenderung lebih banyak dibandingkan kulit kering. Pada tipe kulit kombinasi produksi minyak terdapat pada daerah T (hidung, dagu, dan dekat alis). Sesungguhnya kulit jenis apapun rentan terhadap jerawat. Hanya saja pada jenis kulit kering biasanya jerawat timbul akibat pemakaian kosmetik yang tidak cocok atau kebersihan kulit yang kurang terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar