Jumat, 19 April 2013

LAPORAN (Formal dan Semi Formal)



Laporan adalah penyajian fakta tentang keadaan atau kegiatan yang telah dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang setelah menyelesaikan tugas yang diberikan. Laporan berfungsi sebagai:
1) alat pertanggungjawaban secara tertulis
2) alat pendokumentasian data
3) alat studi banding
4) alat pengambilan keputusan
5) melatih berpikir sistematis.



Laporan Formal
Laporan formal adalah laporan yang memenuhi persyaratan- persyaratan tertentu sebagai yang akan disebutkan dibawah ini, sedangkan nadanya bersifat impersonal dan materinya disajikan dalam suatu pola struktur seperti yang terdapat dalam buku- buku. Laporan formal terdiri dari:

1.    Bagian Pendahuluan
a.    Bagian pendahuluan terdiri dari: Halaman judul: judul, maksud dan tujuan penulisan identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan, tahun.
b.    Halaman pengesahan (jika perlu)
c.    Halaman motto/ semboyan (jika perlu)
d.    Halaman persembahan (jika perlu)
e.    Kata pengantar
f.      Daftar isi
g.    Daftar tabel (jika ada)
h.    Daftar gambar (jika ada)
i.      Daftar grafik (jika ada)
j.      Abstrak (berisi uraian singkat mengenai isi laporan)

2.    Bagian Isi
Uraian singkat tentang bagian ini:
Bab I         : Pendahuluan
a.    Latar belakang
b.    Identifikasi masalah
c.    Pembatasan masalah/ ruang lingkup penelitian
d.    Rumusan masalah
e.    Tujuan dan manfaat
Bab II        : Kajian pustaka
Bab III       : Metode penelitian
Bab IV      : Pembahasan
Bab V       : Penutup

3.    Bagian Penutup
a.    Daftar pustaka
b.    Daftar lampiran
c.    Indeks atau daftar istilah

Laporan Semi Formal
Laporan semi- formal yaitu satu atau dua persyaratan dari laporan tidak terpenuhi. Dan laporan non-formal, yaitu laporan yang tidak memenuhi persyaratan. Laporan semi formal terdiri dari:
a. judul
b. kata pengantar
c. daftar isi
d. isi laporan
e. simpulan dan saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar