Kamis, 18 April 2013

Menjadi Penulis Lepas



Menjamurnya media massa cetak seperti majalah dan tabloid tentu menjadi sebuah peluang bagi mereka yang hobi menulis untuk disumbangkan tulisannya agar dapat dibaca dan dinikmati banyak orang, salah satunya menjadi penulis lepas. Selain dapat menyalurkan hobi, hal ini pun bisa menjadi peluang sumber penghasilan.

Akan tetapi agar tulisan yang dikirim bisa dimuat di majalah atau tabloid bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Yang pertama adalah memahami “karakter” dari media tersebut. Cermati dengan baik segmen yang dipasarkan oleh majalah atau tabloid yang bersangkutan (apakah untuk remaja, anak-anak, keluarga, ibu-ibu dll), rubrikasi yang ada di dalamnya, gaya penulisannya, sampai topik-topik yang biasa diulas didalamnya. Dengan demikian anda bisa mengemas tulisan sedemikian rupa agar bisa cocok dengan majalah atau tabloid yang bersangkutan.

Jika anda memiliki hobi, keahlian, atau pengetahuan pada bidang-bidang tertentu tidak ada salahnya jika hal tersebut dituangkan kedalam tulisan dengan gaya yang mudah dimengerti orang lain. Jika hendak menulis tentang kehidupan di sekitar, maka anda juga dituntut untuk peka dan jeli melihat kejadian sampai hal-hal unik yang ada di sekitar.

Keunikan dari tulisan anda tentu memiliki nilai tambah bagi para pengasuh majalah atau tabloid yang bersangkutan. Berkomunikasilah dengan para pengasuh majalah tabloid tersebut. Karena dengan menjaga komunikasi anda bisa meminta masukan atau kritik tentang tulisan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar