Jumat, 31 Desember 2010

Khasiat Lidah Buaya

Indonesia dikenal akan kekayaan alamnya. Dari ribuan jenis tanaman yang tumbuh di alam Indonesia ini banyak yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional dan sudah dipakai sejak nenek moyang kita. Kini masyarakat modern masih memakai obat tradisional karena relatif tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Bahkan pemerintah sekarang sudah mulai memasyarakatkannya dengan istilah “TOGA” yaitu Tanaman Obat Kelyarga yang dapat dengan mudah ditanam di pekarangan rumah.
Salah satunya adalah tanaman lidah buaya yang istilah latinnya sering disebut dengan Aloe Vera. Tanaman ini mudah sekali tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman ini juga dapat tumbuh subur di dalam pot. Tanaman lidah buaya ini mengandung banyak khasiat. Selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk obat.
Lidah buaya juga berkhasiat menyembuhkan bengkak sendi pada lutut. Dengan meminum tanaman lidah buaya inisehari sekali, bengkak di sendi lutut akan hilang dengan sendirinya. The Encyclopedia of Medicinal Plants menunjukkan dua fungsi lain. Gel beningnya (bagian daun) berperan sebagai penyembuh luka dan luka bakar yang efektif, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.
Sementara getah kuningnya yang dikenal sebagai zat pahit merupakan pencahar yang kuat. Pencahar ini untuk menghilangkan sembelit, namun penggunaannya tidak boleh sering. Menurut beberapa sumber buku, tanaman lidah buaya mengandung antrakuinon, restin, tanin, polisakarida, dan aloektin B. Zat yang berperan aktif dalam penyembuhan luka adalah aloektin B dengan cara merangsang kekebalan. Zat ini selain menyembuhkan luka secara eksternal juga bekerja secara internal, sehingga berguna untuk mengobati luka lambung.




Sumber : Majalah Dharma Pertiwi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar